8 Langkah agar Nyaman dan Tidak Stres Bekerja

BEKERJA selama 5 bahkan 6 hari dalam seminggu terkadang melelahkan, membuat kita mudah jenuh dan bahkan stres.

Padahal, bekerja adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari karena merupakan tuntutan kebutuhan hidup dan juga kebutuhan aktualisasi diri.

Dihadapkan pada pekerjaan hampir setiap hari, ada baiknya Anda melakukan segalanya dengan senang.

Agar Anda nyaman dan tidak stres dalam bekerja, berikut ini 8 langkah yang dapat Anda terapkan.

1. Tinggal tidak jauh dari kantor

Bayangkan bila rumah atau tempat tinggal Anda memiliki jarak yang sangat jauh dari kantor. Tentunya memikirkan jam berapa harus bangun dan berangkat agar tidak terlambat saja sudah menyiksa. Karena itulah, sebaiknya lokasi rumah dan kantor tidak berjauhan. Bila terpaksa, Anda bisa saja tinggal di kos. Solusi lainnya, kemudahan akses transportasi dari rumah ke kantor. Misalnya dekat dengan stasiun kereta, halte Transjakarta, dan sebagainya.

2. Biasakan untuk tidak membawa pulang pekerjaan

Biasakan mencicil pekerjaan Anda atau menyelesaikannya di kantor agar tidak perlu dibawa pulang ke rumah. Waktu Anda di rumah adalah waktunya Anda menjalankan kehidupan sosial dan mencurahkan waktu untuk keluarga. Selain keluarga bisa saja merasa ditelantarkan karena pekerjaan, Anda pun bisa mudah stres tidak hanya di kantor namun juga di rumah.

3. Akrab dengan rekan kerja

Mengakrabkan diri dengan rekan kerja, termasuk atasan dan bawahan, akan meningkatkan kenyamanan kerja. Kesulitan dalam kerja pun tentunya mudah dipecahkan secara bersama-sama. Hubungan yang baik akan membuat pekerjaan Anda lebih mudah, Anda pun dapat bekerja dengan perasaan senang.

4. Buat ruangan atau meja Anda familier

Tidak ada salahnya menghias ruangan atau meja kerja Anda dengan barang-barang yang familier bagi Anda. Misalnya dengan bingkai berisi foto keluarga atau sahabat-sahabat terdekat, boneka favorit, aksesori yang lucu dan enak dilihat, atau bahkan makanan ringan davorit Anda yang bisa membuat mood Anda lebih baik. Buat tempat kerja Anda senyaman mungkin.

5. Isi waktu istirahat dengan benar

Jam istirahat atau makan siang jangan dihabiskan untuk hal-hal yang tidak penting atau melelahkan. Istirahatlah dengan benar dan bukannya malah lanjut bekerja, yang kemudian berpotensi menambah penat. Isi waktu senggang di kantor dengan hal-hal yang bisa mendukung pekerjaan Anda seperti tidur siang sebentar atau pun makan bersama kolega.

6. Relaks dan bercandalah

Jangan terlalu kaku di tempat kerja. Cobalah lebih relaks dan bila situasinya memungkinkan, lontarkan guyonan atau tanggapi candaan rekan-rekan kerja. Banyak bercanda dan tertawa bisa membuat Anda lebih bahagia, menghilangkan beban pikiran, menyegarkan badan dan pikiran, serta menambah keakraban Anda dan teman sekerja.

7. Menguasai pekerjaan

Pastikan Anda menguasai pekerjaan Anda. Bahkan ketika Anda termasuk karyawan senior, tidak pernah ada salahnya terus belajar dan menambah wawasan. Terutama belajar dari pengalaman. Pelajari masalah-masalah yang mungkin terjadi saat Anda bekerja, lalu cari penyelesaian yang terbaik. Nantinya bila masalah menimpa Anda, setidaknya Anda sudah punya solusi yang dapat Anda praktikkan tanpa membuang banyak waktu untuk berpikir. Jika pekerjaan yang Anda tekuni sudah benar-benar Anda kuasai, tentunya lebih mudah dan cepat menyelesaikan pekerjaan Anda.

8. Mengatasi konflik secara musyawarah dan kepala dingin

Konflik dan permasalahan di kantor bukanlah hal yang baru. Konflik bisa saja terjadi dengan teman sekerja, atasan, bawahan, atau pun klien. Karena itulah jika Anda sedang berada dalam sebuah konflik, Anda harus sesegera mungkin menyelesaikannya dengan solusi yang tepat dan dipikirkan dengan kepala dingin serta diselesaikan secara musyawarah, tanpa keributan yang tidak perlu. Jadi ingat, jika ada masalah, selesaikanlah tanpa melibatkan emosi agar tidak memunculkan masalah yang baru.

Sumber : http://www.aura.co.id


(sarah/gur)

Related

info dan tips 6823119401420915880

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Maaf widget masih maintenance

Comments

Recent Comments Widget with Avatar by Tutorial Blogspot

Side Ads

Text Widget



Ass. Wr. Wbr.

Dengan selalu mengucap puji syukur kehadirat Allah SWT,
dalam mengawali kepemimpinan saya sebagai Kepala Kelurahan Patokan
terhitung mulai 17 April 2015, segala totalitas siap saya persembahkan
untuk warga Kelurahan Patokan, salah satunya dengan hadirnya website
dalam bentuk blogspot ini, semoga bisa menambah informasi dan kedekatan
komunikasi untuk menjadikan Kelurahan Patokan Lebih Baik.

Wass. Wr. Wbr.

Connect Us

item